Info Skripsi Terbaru :
Home » , » Contoh Skripsi Pendidikan Bahasa Arab

Contoh Skripsi Pendidikan Bahasa Arab

Written By Unknown on Jumat, 12 September 2014 | 04.49

Contoh Skripsi Pendidikan Bahasa Arab

Pada kesempatan sebelumnya kami telah memberikan Contoh Skripsi matematika. pada kesempatan ini kami akan memberikan sekilas tentang Contoh Skripsi Bahasa Arab. Berikut ini adalah Contohnya.

Skripsi Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Arab, Contoh Pendidikan Bahasa Arab


Judul Contoh Skrpsi Bahasa Arab


STUDI TENTANG PELAKSANAAN METODE SAM’IYAH WA SYAFAWIYAH DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS II MTS. PUTRA AL-ISHLAHUDDINY KEDIRI LOMBOK BARAT

Latar Belakang


Bahasa Arab adalah bahasa yang dipergunakan oleh Allah untuk menurunkan Al-Qur’an. Dengan demikian, maka bahasa Arab dan Al-Qur’an merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisah-pisahkan, sehingga bahasa Arab memiliki peran yang istimewa dari bahasa-bahasa lainnya yaitu dengan ditakdirkannya sebagai bahasa  Al-Qur’an.

ﻥﻮﻠﻘﻌﺘ ﻢﻜﻠﻌﻠ ﺎﻴﺒﺮﻋ ﺎﻨﺍﺮﻗ ﻩﺎﻨﻠﺰﻨﺍ ﺎﻨﺍ

Artinya : Sesungguhnya kami menurunkan Al-Qur’an dengan bahasa Arab agar kamu memahaminya. (Q.S. Yusuf : 2)

Ayat di atas memberikan sinyalemen bahwa mempelajari bahasa Arab adalah syarat untuk memahami isi Al-Qur’an dan mempelajari Al-Qur’an berarti mempelajari bahasa Arab. Dengan demikian, maka peran bahasa Arab disamping sebagai alat komunikasi antara sesama manusia juga alat komunikasi antara hamba dengan kholiqnya dalam bentuk sholat, do’a dan sebagainya.
Adanya peran bahasa Arab yang sangat penting dan istimewa dalam kehidupan umat Islam tidak berlebihan jika pengajaran perlu mendapat penekanan dan perhatian yang serius dan seksama, baik di Lembaga Formal maupun Non Formal.

Dalam pengajaran bahasa Arab atau bahasa Asing lainnya yang sering menjadi sorotan dan bahan pembicaraan adalah dari segi metode, sukses atau tidaknya suatu program pengajaran khususnya bahasa sering kali dinilai dari segi metode yang digunakan, sebab metodelah yang menentukan isi dan cara mengajarkan bahasa (Sumardi, 1974 : 7).

Karenanya tidak mengherankan kalau di bidang pengajaran bahasa sering terjadi perubahan-perubahan dari Metode A ke Metode B, kemudian kembali lagi ke Metode A. Hal ini dapat terjadi karena di bidang pengajaran bahasa terdapat berbagai macam metode pengajaran  dan di antara metode pengajaran bahasa Arab yanga ada, tidak ada satupun yang paling baik dipakai untuk bermacam-macam tujuan pengajaran bahasa Arab, sebab semua metode itu masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Tetapi bila guru dapat memilih dan menggunakannya dengan tepat yaitu sesuai dengan tujuan, materi, kemampuan siswa, kemampuan guru maupun keadaan waktu serta peralatan atau media pengajaran yang memadai, maka dapatlah tercapai apa yang diharapkan dalam proses belajar mengajar.

Untuk itu seorang guru harus benar-benar dapat memilih dan menentukan metode pengajaran bahasa Arab yang tepat dan cocok diterapkan dalam proses belajar mengajar, karena bahan pelajaran yang disampaikan tanpa memperhatikan pemakaian metode justeru akan mempersulit bagi guru dalam pencapaian tujuan.

Dengan pemilihan metode yang tepat diharapkan tumbuh berbagai kegiatan siswa sehubungan dengan kegiatan mengajar guru, sehingga dapat mencapai apa yang diharapkan dalam proses belajar  mengajar. Juga dapat mendorong siswa mencapai prestasi yang optimal.

Sekali lagi diantara metode pengajaran bahasa Arab yang telah berlaku masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan, semula metode terjemah dinilai paling cocok untuk kemampuan membaca secara efektif dan memahami isi, kemudian muncul Direct Method (Metode Langsung) sebagai reaksi meskipun sejak ada pada Zaman Romawi, kemudian muncul Metode Aural Oral Approach (Sam’iyah Wa Syafawiyah) yang sempat dinilai paling  efektif karena berdasarkan prinsip-prinsip linguistik yang diharapkan dapat menjawab dan mengatasi berbagai permasalahan dalam proses belajar mengajar bahasa Arab yang tujuan utamanya agar siswa memiliki keterampilan berbahasa atau kemampuan berbahasa Arab dengan baik dan benar.

Dari dasar tidak adanya metode yang paling baik dan cocok digunakan untuk mencapai tujuan pengajaran bahasa Arab, maka Madrasah Tsanawiyah Putra Al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat melaksanakan Metode Sam’iyah wa Syafawiyah (Audi-Lingual Method) yang merupakan salah satu metode pengajaran bahasa Arab yang mengutamakan latihan pendengaran dan ucapan (Aural Oral), dengan mengambil aspek-aspek kelebihan dari metode tersebut.

Dengan pelaksanaan metode Sam’iyah wa Syafawiyah di Madrasah Tsanawiyah Putra Al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat ini dimaksudkan supaya penguasaan empat keterampilan berbahasa seimbang, keterampilan berbahasa yang dimaksud adalah: Keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca dan keterampilan menulis. 

Di samping itu, dalam interaksi belajar mengajar ditemukan adanya bermacam-macam keadaan yang dialami oleh siswa yang berpengaruh pada proses pembelajaran, baik masalah intern belajar maupun masalah ekstern belajar yang perlu untuk disikapi secara serius serta didiskripsikan secara detail, sehingga bisa dimunculkan solusi atau jalan keluarnya.

Mengacu pada gambaran-gambaran di atas, maka penulis ingin mencermati dan meneliti lebih jauh tentang pelaksanaan metode pengajaran bahasa Arab khususnya metode “Sam’iyah Wa Syafawiyah”, sehingga penulis tertarik untuk mengangkat judul tentang “Studi Tentang Pelaksanaan Metode Sam’iyah wa Syafawiyah dalam Pengajaran Bahasa Arab di Kelas II MTs. Putra Al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat”.

Rumusan Masalah


Bertolak dari latar belakang di atas penulis dapat merumuskan masalah penelitian yang harus dan perlu diangkat :
  1. Bagaimana Pelaksanaan Metode Sam’iyah wa Syafawiyah dalam Pengajaran Bahasa Arab di Kelas II MTs. Putra Al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat.
  2. Hambatan-hambatan apa yang dihadapi dalam pelaksanaan Metode Sam’iyah wa Syafawiyah dalam Pengajaran Bahasa Arab di Kelas II MTs. Putra Al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat dan Solusinya.

Tujuan Penelitian


Tujuan merupakan rumusan awal untuk menentukan titik akhir dari suatu usaha dan refleksi dari segala keinginan, adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 
  1. Ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan Metode Sam’iyah wa Syafawiyah dalam pengajaran bahasa Arab di Kelas II MTs. Putra Al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat.
  2. Ingin mengetahui bagaimana hambatan-hamabatan yang dihadapi dalam pelaksanaan Metode Sam’iyah wa Syafawiyah dalam Pengajaran Bahasa Arab di Kelas II MTs. Putra Al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat dan Solusinya.

   

Kegunaan Penelitian


Dengan melaksanakan penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut :

Kegunaan Yang Bersifat Teoritis

Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dan pemahaman tentang pelaksanaan Metode Sam’iyah wa Syafawiyah dalam pengajaran bahasa Arab bagi Madrasah yang bersangkutan sebagai bahan kajian dalam ilmu pengetahuan bahasa Arab pada khususnya.

Kegunaan Yang Bersifat Praktis

Hasil penelitian ini dapat dijadikan kontribusi bagi pengajar atau yang terkait dengannya, terutama guru bahasa Arab di dalam mengajar bahasa Arab kepada para siswanya.

Lokasi Penelitian


Penelitian ini mengambil lokasi di Madrasah Tsanawiyah Putra Pondok Pesantren Al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat. Madrasah Tsanawiyah Putra Al-Ishlahuddiny merupakan salah satu Madrasah Tsanawiyah yang tak jauh beda dengan Madrasah-madrasah Tsanawiyah yang lainnya, baik dari segi Proses Belajar Mengajar (PBM) maupun dari bentuk klasikalnya, tetapi sepanjang pengamatan penulis, Madrasah Tsanawiyah Putra Al-Ishlahuddiny sangat cocok dan sesuai untuk dijadikan sebagai Lokasi Penelitian oleh penulis, karena selain memiliki kegiatan belajar mengajar (PBM) yang aktif, juga memiliki sarana dan prasarana (Fasilitas) belajar yang cukup memadai serta yang lebih utama adalah Madrasah Tsanawiyah Putra Al-Ishlahuddiny merupakan salah satu Madrasah yang menerapkan Metode Sam’iyah wa Syafawiyah dalam mengajarkan bahasa Arab kepada para siswanya.

Penegasan Istilah


Ada beberapa istilah yang perlu penulis tegaskan dalam kaitan dengan judul skripsi ini, dengan maksud untuk menghindari kerancauan interpretasi terhadap maksud dan tujuan dari judul di atas antara lain :

Metode

Metode dalam bahasa Arab dikenal dengan istilah thariqah, yang berarti langkah-langkah strategis yang dipersiapkan untuk melakukan suatu pekerjaan. ( Rumayulis, 2002 : 156).
Metode adalah rencana menyeluruh yang berhubungan dengan penyajian materi pelajaran secara teratur dan tidak saling bertentangan dan didasarkan atas suatu approach.  (Sumardi, 1974 : 12).

Metode adalah cara yang harus dimiliki dan digunakan oleh pengajar dalam upaya menyampaikan dan memberikan materi pelajaran kepada peserta didik agar dapat mecapai tujuan yang telah ditetapkan.  
 

 Sam’iyah Wa Syafawiyah

Sam’iyah wa Syafawiyah disebut juga dengan Audio-Lingual yang biasa dikenal dengan istilah Aural-Oral Approach, adalah suatu metode yang mengutamakan latihan pendengaran dan ucapan. (Dahlan, 1992  : 122).

Demikianlah Contoh Skripsi Bahasa Arab ini bisa kami sampaikan Semoga bermanfaat bagi anda yang mau menyusun Skripsi Bahasa Arab. Jika  Contoh Skripsi Bahasa Arab ini kurang lengkap menurut anda, maka anda bisa mendapatkan 500 Contoh Skripsi Keguruan secara lengkap didalamnya sudah termasuk Contoh Skripsi Bahasa Arab.

Segera Miliki 500 Contoh Skripsi Keguruan Secara Lengkap
Termasuk Judul Contoh Skripsi Matematika
Biayanya Hanya Rp. 49 ribu

Bagi Anda yang berminat silahkan Sms ke 021-28808027 
( Format Sms : Pesan Skripsi Bahasa Arab )





KLIK FOLLOW untuk dapatkan Informasi Terbaru Lainnya.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

KLIK LIKE YAH

Recent Post

Popular Posts

Comments

 
Support : Kampus Teknik Sipil Indonesia
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Kumpulan Contoh Judul Skripsi Lengkap - All Rights Reserved
Template Design by Maskolis Published by Skripsi Teknik Sipil